Cara Menjaga Kesehatan Balita

Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Balita memiliki pola makan yang kecil, sehingga mereka perlu diberi makan beberapa porsi dalam sehari. Ibu perlu menambahkan variasi makanan pada Si Kecil dan pastikan bahwa ia mendapatkan nutrisi yang lengkap setiap harinya. Kelompok makanan utama yang memberikan kombinasi nutrisi yang tepat untuk balita, yaitu: 

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Makanan bertepung, berbahan dasar sereal, seperti roti, bubur, dan pasta.
  • Produksi susu, seperti susu, keju, dan yogurt.
  • Protein, seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Selain itu, berikan balita banyak minum air dan cobalah untuk membatasi makanan dengan kalori kosong dan makanan manis. Untuk anda yang masih bingung, anda dapat berkonsultasi di link forum kandungan berikut ini.

Berikan Imunisasi sesuai Jadwal

Imunisasi penting untuk memberikan perlindungan pada balita dari berbagai penyakit menular yang serius, yang beberapa di antaranya bisa mengancam nyawa. Jadi, pastikan ibu memberikan imunisasi pada balita sesuai jadwal.  

Pastikan Balita Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Tidur juga merupakan salah satu kebutuhan balita yang wajib untuk dipenuhi. Selain bisa mendukung pertumbuhannya, baik fisik maupun mental, tidur yang cukup juga membantu balita untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga ia tidak mudah jatuh sakit. Balita disarankan untuk tidur selama 10-13 jam setiap harinya.

Dorong Si Kecil Tetap Aktif

Kurangnya aktivitas fisik adalah penyebab utama obesitas dan penyakit pada masa kanak-kanak. Jadi, pastikan balita ibu aktif secara fisik setidaknya selama tiga jam setiap hari. 

Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan permainan yang bisa melatih perkembangan fisiknya, seperti permainan yang melibatkan berjalan, berlari dan menari. Sebaiknya batasi waktu balita menonton televisi dan melihat layar lainnya, tidak lebih dari dua jam dalam sehari.

Ajarkan Balita Mempraktikkan Kebersihan

Sejak usia dini, orangtua sudah bisa mengajari anak untuk mempraktikkan kebersihan, seperti mencuci tangan secara rutin. Bicarakan pada Si Kecil mengenai pentingnya mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, setelah menyentuh atau bermain dengan hewan peliharaan, dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus.

Ciptakan lingkungan yang aman untuk anak

Menjaga kesehatan anak, tidak hanya sebatas menyehatkan tubuhnya, tapi juga menjadikan lingkungan sekitarnya menjadi tempat yang aman untuknya bertumbuh. Sebagai contoh, gunakan kursi mobil (car seat) khusus anak saat membawa anak berkendara, juga kunjungi forum kesehatan bagi anda yang ingin bertanya mengenai kesehatan. Selain itu, Anda juga perlu menjauhkan benda-benda berbahaya seperit pisau, gunting, hingga obat-obatan dari jangkauan anak. Sadari tanda-tanda kekerasan fisik, mental, maupun seksual, yang mungkin dialami anak di sekolah maupun tempat lain, yang disambanginya.

Penuhi Kasih Sayang untuk Si Kecil

Tahukah ibu bahwa hubungan orangtua dan anak yang penuh dengan perhatian, kasih sayang, dan stabil dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik? Untuk itu, jangan lupa memberikan anak perhatian yang positif dan kasih sayang. Hal ini berkaitan langsung dengan pola asuh anak yang tepat dalam perkembangannya.

Hubungan orangtua dan anak yang kuat sejak dini membuat anak terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mental maupun fisik yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan, kondisi ini juga akan membuat anak memiliki hubungan sosial yang baik ke depannya.

Kebanyakan anak di usia ini akan mengeksplor apapun yang ada di sekitarnya. Jadi, jangan heran jika banyak anak yang gemar bermain tanah, air, dan objek lainnya. Hal itu adalah hal yang wajar, tetapi jangan biarkan aktivitas ini membuatnya jatuh sakit karena infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajari Si Kecil tentang praktek cuci tangan dan kaki pakai sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan sebelum tidur.